5 Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android (Work)

Jika kalian pengguna Smartphone Android pasti pernah mengalami masalah aplikasi terhenti atau sayangnya aplikasi telah berhenti. Hal ini sering terjadi, bahkan hampir semua ponsel OS Android baik itu keluaran terbaru dan lama. Penyebabnya tidak lain dari sistem sendiri atau dari aplikasi yang sedang di jalankan. Bagaimana cara mengatasi aplikasi terhenti di Android? Simak trik dan tips dibawah agar tidak terjadi lagi.

Sebelumnya saya pernah mengalami masalah yang sama yaitu “Sayangnya aplikasi telah terhenti”. Meski notifikasinya berbeda, tapi masalahnya tetap sama. Setelah saya searching dan melakukan percobaan ternyata penyebabnya terdapat pada penggunaan ponsel Android itu sendiri. Setiap aplikasi yang terhenti masalah dan penyebabnya bisa berbeda, juga dengan memperbaikinya.

Tentu saja tutorial dan tips di artikel ini tanpa root, selain itu tidak memerlukan alat lainnya seperti PC.

Penyebab Aplikasi Terhenti Pada Android

  • RAM Penuh
    Ram pada perangkat Android jelas sangat penting, karena bisa dibilang salah satu inti agar aplikasi dapat berjalan dengan lancar. Bagaimana jika ram penuh? Akibat dari penuhnya ram dapat menyebabkan kinerja ponsel tidak maksimal. Danpak yang sangat terasa saat bermain game akan terasa lag, begitu pula saat menjalankan aplikasi.
  • Internal Memori Penuh
    Masalah yang satu ini harus benar-benar ditanggapi dengan serius. Jangan sampai memori telepon kalian penuh, paling tidak minimal sisakan kapasitas bebas 500 mb. Jika tidak cepat di tanggapi dengan serius akibatnya akan membuat aplikasi tidak berjalan baik (terhenti). Bahkan yang paling parah mengakibatkan sistem terhenti, bootloop, dan restart sendiri.
  • Cache Menumpuk / File Sampah
    Banyak sekali orang yang tidak mengetahui file sampah pada Android. Asal kalian tahu file sampah ini cukup mengganggu, karena dapat membuat memori penuh. File sampah atau cache ini didapatkan dari penggunaan internet dan aplikasi, sebisa mungkin bersihkan karena dapat membuat aplikasi keluar sendiri.

Mungkin masih ada penyebab lainnya, tapi saya rasa ketiga penyebab di atas yang sering menjadikan aplikasi terhenti. Untuk memperbaiki atau mengatasinya simak tips dibawah.

5 Cara Mengatasi Aplikasi Terhenti di Android

  1. Hapus Data dan Cache Aplikasi
    Cara pertama adalah menghapus data dan aplikasi bermasalah, dengan begitu aplikasi akan di restart ke awal. Jika cara ini masih belum berhasil maka coba cara yang kedua.
  2. Hapus Aplikasi Berjalan / Tidak Terpakai
    Dengan menghapus beberapa aplikasi akan menambah storage bebas pada internal memori. Sudah dijelaskan pada poin kedua dari penyebab terhentinya aplikasi di atas. Selain itu menghapus atau menghentikan aplikasi yang berjalan di latar belakang juga akan menambah kinerja ponsel lebih baik.
  3. Restart HP / Reset ke Pengaturan Pabrik
    Jika kedua cara di atas masih belum bisa memperbaiki masalah, silahkan reset di pengaturan atau wipe data via recovery mode. Namun semua data dan aplikasi akan terhapus, jadi silahkan backup terlebih dahulu sebelum melakukan langkah ini.
  4. Update OS Android
    Bila kalian masih memakai OS Android lama silahkan update ke yang terbaru. Hal ini bisa saja menjadi salah satu masalah karena tidak kompatible dengan aplikasi yang terinstall.
  5. Update Aplikasi yang Terhenti
    Perlu diperhatikan aplikasi force close atau terhenti bisa disebabkan belum di update ke versi terbaru. Update itu sendiri dilakukan agar dapat memperbaiki bug, selain itu update berguna untuk menambah fitur (tergantung developer aplikasi).

Pengalaman saya sendiri masalah aplikasi terhenti di Android disebabkan oleh penuhnya internal memori. Jadi saya sarankan jangan sampai internal storage penuh, karena akan menghambat dan mengganggu sistem.

Setiap smartphone memiliki spesifikasi yang berbeda, jadi masalah dan penyebabpun juga beda. Silahkan di coba salah satu cara di atas, saya jamin akan berhasil. Perlu kalian tahu, masalah ini bisa menyebabkan bootloop jadi harus segera di perbaiki.

Anda mungkin juga berminat

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More

Privacy & Cookies Policy